Home » » Do dalam Pembelajaran adalah Segalanya

Do dalam Pembelajaran adalah Segalanya


Banyak teori mengenai belajar. Teori hanya sekedar teori bila tidak ada unsure do, artinya belajar akan lebih berarti jika kita mencoba. Sebagai contoh, bila kita mengajarkan sepeda pada anak kecil. Tak bisa kita memberikan beribu materi tentang bagai mana teknik bermain sepeda. Yang harus diajarkan padanya adalah bagai mana melakukan dan mencoba sendiri. Dengan demikian proses belajar akan memiliki hasil yang diharapkan. Dalam kasus ini si anak bisa mengendarai sepeda.
Begitupun di dalam kelas. Teori itu penting, namun jauh lebih penting anak memahami teori tersebut dengan mencoba. Dalam pelajaran fisika contohnya, rumus-rumus bukan untuk di hafal. Tapi bagaimana siswa dapat memahi arti dari symbol-simbol dari rumus tersebut dan menerapkannya dalam aplikasi, seperti mampu mengerjakan soal dengan baik. Dalam hal ini anak harus terus mencoba sendiri menggunakan rumus-rumus tersebut dalam bentuk soal.
Di indonesia, system pendidikan yang disuguhkan memang terasa kompleks. Kurukilum dibuat sangat padat. Guru dibuat seperti dikejar-kejar anjing galak dalam mengajar. Untuk mengejar dan memenuhi target katanya. Sehingga yang terjadi ada siswa seolah-olah diseret-seret dalam belajar. Tak hanya itu, materi yang diberikan hanya sebatas teori. Tak ada pencapaian untuk meperoleh kecapakan soft skill. Yang jadinya, Indonesia adalah negara yang jago teori.
Lebih aplikatif itulah yang harus dilakukan dalam belajar. Siswa berusaha menerapkan teori yang didapat dalam belajar. Syukur-syukur bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Sebenarnya titik pangkal dari system pembelajar di Indonesia seperti ini adalah pemerintah. Seandainya pemerintah mau mencontoh negara-negara maju dalam system pendidikan ataupun mau mengadopsi system dan kurikulum dari negara maju. Mungkin negara kita tak akan jauh tertinggal dari negara lain.
Mari berbuat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INILAH GURU - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger